Wednesday, August 20, 2014

Review EZCast Dongle

Teknologi senantiasa berkembang sangat cepat tidak terkecuali perkembangan teknologi wireless pada layar monitor. Beberapa waktu yang lalu kita mengenal alat projector yang bisa menampilkan atau memproyeksikan gambar yang ada di komputer, laptop ke dinding atau layar. Saat ini sudah berkembang lagi untuk menampilkan apa yang ada di layar HP kita baik itu dengan system Android maupun iPhone ke Layar LCD / LED TV, tembok atau layar menggunakan alat yang bernama wireless HDMI transmitter, salah satunya adalah EZCast HDMI Dongle ( (Alat lain yang serupa: Samsung All Share Cast, Chromecast, PTV-3000, dll).

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas EZCast yang diambil dari artikel dhiku.com. Selamat menyimak...


  • Ingin menampilkan foto dan video yang ada di gadget ke layar TV yang lebih besar?
  • Mau nonton Youtube di layar TV supaya bisa ditonton bareng teman-teman kamu?
  • Gak mau ribet dengan kabel yang harus disambungkan ke gadget untuk menampilkan konten di TV?
EZCast HDMI Dongle, menurut informasi di websitenya bisa mengatasi semua kebutuhan di atas. Sejujurnya pada waktu pertama kali melihat websitenya saya sempat berpikir produk ini “too good to be true” dan sempat skeptis dengan fiturnya yang bisa menampilkan konten secara wireless ke layar TV dari hampir semua jenis gadget seperti Android, iOS, OSX Mac, Windows, dan Windows Phone. Karena rasa penasaran, akhirnya saya memutuskan untuk membeli produk seharga Rp 350rb ini dengan ekspektasi yang biasa saja.
Unboxing EZCast HDMI Dongle
Di dalam box EZCast hanya terdapat EZCast Dongle, kabel external WIFI dan USB. Cara pemasangannya cukup sederhana, pertama sambungkan EZCast dongle ke port HDMI di TV, lalu sambungkan kabel USB ke adaptor listrik (adaptor tidak disediakan di paket penjualan). Kabel USB ini juga bisa disambungkan di port USB yang ada di TV, namun karena arus daya USB di setiap TV berbeda-beda, disarankan untuk menyambungkan USB ke adaptor listrik untuk performa yang lebih stabil.
EZCast HDMI Dongle

Langkah selanjutnya adalah setup EZCast di gadget. Pertama kita harus install aplikasi EZCast di Play Store atau App Store atau di websitenya EZCast, kemudian ikuti instruksi yang ada di layar TV untuk menyambungkan EZCast ke Jaringan Wifi di rumah (EZCast juga bisa berfungsi tanpa ada wifi).
Kesimpulannya, setelah beberapa hari mencoba EZCast di Android, iOS dan Windows, ternyata produk ini benar-benar di luar ekspektasi awal dan mampu menjalankan seluruh fitur yang dijanjikan! Bagi yang mau melihat langsung demonya, saya sempat membuat video EZCast di platform Android, iOS, dan Windows.

EZCast di Android – Samsung Galaxy S4
Pada platform Android, kita harus membuka aplikasi EZCast terlebih dahulu sebelum menampilkan konten apapun ke TV. EZCast bisa menampilkan seluruh foto, musik, dokumen, video beserta subtitlenya yang ada di local storage. EZCast juga mampu menampilkan dokumen yang ada di cloud seperti dropbox atau video seperti Youtube, Vimeo. Ketika video diputar di layar TV, gadget masih bisa digunakan untuk aktivitas lain seperti cek email atau social media. EZCast di Android juga support screen mirroring untuk menampilkan apa saja yang ada di layar Android ke TV.


EZCast di iOS 7 – iPad Mini Retina
Pada platform iOS penggunaan EZCast jauh lebih mudah melalui AirPlay sehingga tidak perlu membuka aplikasi EZCast terlebih dahulu. Contohnya, ketika memutar video di aplikasi youtube, tinggal pilih AirPlay EZCast maka video akan langsung muncul di layar TV. Untuk screen mirroring juga bisa dilakukan melalui AirPlay.
EZCast di Windows 8 – Lenovo Yoga 13
Pada platform Windows 8.1, kita harus membuka aplikasi EZCast terlebih dahulu untuk menjadikan TV sebagai mirror display atau extended display. EZCast di Windows 8.1 juga bisa menampilkan lokal video atau musik ke layar TV dan pada saat yang bersamaan Windows masih bisa digunakan untuk aktivitas lain.
EZCast bukan tanpa kekurangan, saya masih mendapatkan beberapa minor bug ketika mengakses aplikasi EZCast di Android, lalu terkadang fitur screen mirroring di iOS tidak stabil dan menimbulkan lag yang cukup lama, kemungkinan karena lokasi router yang cukup jauh dari TV. Namun kabar baiknya tim EZCast cukup aktif dan sering melakukan update baik aplikasi maupun firmwarenya, jadi besar harapan seharusnya dalam beberapa bulan ke depan produk ini menjadi lebih sempurna.
Jika tertarik membeli EZCast HDMI Dongle, kamu bisa membelinya www.ezcastmurah.com. Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment